Selasa, 29 November 2016

Pantangan Makanan Fistula Ani

Pantangan Makanan Fistula Ani

Dikutip Dari : sehatfresh (dot) com
Aktivitas makan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, namun bagi sebagian orang penderita penyakit tertentu mempunyai pantangan pada beberapa jenis makanan. Termasuk juga untuk penyakit Fistura Ani.
Fistula adalah hubungan abnormal antara dua tempat yang berepitel. Fistula ani adalah fistula yang menghubungkan antara kanalis anal ke kulit di sekitar anus (ataupun ke organ lain seperti ke vagina). Pada permukaan kulit bisa terlihat satu atau lebih lubang fistula, dan dari lubang fistula tersebut dapat keluar nanah ataupun kotoran saat buang air besar.

Fistula ani disebabkan oleh infeksi pada kelenjar anus yang menyebabkan timbulnya penumpukan nanah. Fistula ani kemudian membentuk saluran di bawah permukaan kulit yang terhubung pada kelenjar yang terinfeksi. Kondisi ini umumnya disertai abses atau penumpukan nanah pada anus. Nanah biasanya muncul setelah kelenjar kecil dalam anus terinfeksi bakteri. Kondisi ini sering terjadi pada orang dengan daya tahan tubuh yang rendah. Jika fistula disertai nanah, maka biasanya tubuh akan mengalami demam tinggi, lemas dan merasa lelah.

Penyakit ini sering terjadi pada laki laki berumur 20-40 tahun, setidaknya tiap 10.000 orang terdapat 1-3 kasus Fistura Ani. Abses menjadi penyebab terbesar terbentuknya fistura namun meskipun begitu tidak semua abses akan membentuk fistura.

Fistula ani juga dapat terjadi pada pasien dengan kondisi inflamasi berkepanjangan pada usus, seperti pada Irritable Bowel Syndrome (IBS), diverticulitis, colitis ulseratif, dan penyakit crohn, kanker rectum, tuberculosis usus, HIV-AIDS, dan infeksi lain pada daerah ano-rektal.

Jika sudah terjangkit penyakit ini cara pengobatannya hanya dengan melakukan operasi pembedahan itupun harus dilakukan beberapa kali, mendengar kalau harus melakukan itu semua penderita pasti akan merasa kaget. Untuk penderita Fistula ani sebaiknya menjaga pola makan dengan memperhatikan makanan apa saja yang tidak boleh di makan agar tidak memperburuk keadaan penderita, makanan dan minuman tersebut adalah:

    Makanan yang sangat asam atau pedas. Makanan jenis ini seperti cuka, cabai, dan merica. Jenis makanan ini dapar merangsang perut dan merusak dinding Fistula Ani.
    Makanan yang sulit dicerna dan dapat memperlambat pengosongan Fistula Ani. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di Fistula Ani yang akhirnya dapat meningkatkan asam Fistula Ani, seperti makanan berlemak, kue tar, coklat, dan keju.
    Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah. Makanan seperti lkohol, cokelat, makanan tinggi lemak, dan gorengan dapat melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan Fistula Ani dapat naik ke kerongkongan
    Minuman yang merangsang pengeluaran asam Fistula Ani. Minuman seperti kopi, anggur putih, sari buah sitrus, dan susu.
    Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas. Makanan ini seperti sawi, kol, nangka, dan alkohol atau minuman bersoda.
    Makanan yang terlalu tinggi serat. Makanan seperti kedondong dan buah yang dikeringkan.

11 komentar:

  1. Anak saya sembuh dari fistula setahun yang lalu setelah rutin minum obat resep dr yusuf... ALHAMDULILLAH sembuh total dan tanpa oprasi.
    Ini memang bener apa ada nya dan demi allah anak saya Kelas 3 smp sudah sembuh dari fistula.
    Saran saya kalau mau sembuh tanpa oprasi yang mengerikan Coba brobat ke dr yusuf. Saya buat kesaksian Ini atas hati Narang saya bukan karna paisa an... Dan kemaren saya juga habis minta tolong Saran untuk kalau saya yang juga kena penyakit fistula juga dan di suruh oprasi Sama dokter dan biaya nya 20jt.
    Tapi kalau saya tidak mau, dan saya Saran kan juga untuk brobat ke dr yusuf, karna anak saya sembuh dari fistula dng dr yusuf.
    Kalau mau brobat juga dng dr yusuf Ini no nya 0853-6167-5232.

    BalasHapus
  2. Dokter yusuf memang benar.
    Saya pribadi sembuh nya dengan doker yusuf.
    Beliau juga dahulu katanya juga sempat kena fistula dan sembuh tanpa oprasi.
    Gak ada salah nya di coba dulu brobat ke dokter yusuf 1 atau 2 bulan mudah mudahan bisa sembuh seperti saya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tahun 2016 ada juga brobat dengan dokter yusuf.sampai sekarang tidak kambuh lagi dan sudah bebas makan apa saja.
      awalny saya kena fistula kira kira baru 2 minggu saya coba hubungi dokter yusuf, eh malah di suruh datang ke rumah sakit untuk oprasi,tapi saya tidak mau karna kalau saya oprasi saya bakal di PHK dan saya takut di PHK dan sebenar nya juga takut oprasi karna teman kuliah saya gara gara oprasi sampai harus pindah pembuangan di pinggang ny nah tu buat merinding teman ku juga nyesel oprasi kata nya.
      ya akhir nya saya brobat dengan dokter yusuf 2 bulan dan habis obat 4 resep baru sembuh dan tidak kambuh lagi sampai sekarang.

      Hapus
    2. Tadi saya sudah konsultasi dengan dokter yusuf, awal nya beliau sarankan untuk oprasi lagi tapi saya takut dan mau mencoba br ikhtiar dengan beliau beberapa resep dulu, akhirnya beliau pun setuju dan besok pagi saya mau transfer uang buat tebus obat nya dan beliau bilang besok juga obat akan di kirim dan sampai 3-5 hari. mohon bantu doa nya mudah mudahan obat dokter yusuf cocok dan saya bisa sembuh dari fistula ani amin...

      Hapus
  3. Fistula Ani ternyata bisa sembuh tanpa operasi.
    Karna waktu saya sakit saya baca baca katanya gak bisa sembuh tanpa operasi.
    Dari mulai grub wa , telegram dan FB semua bilang gak bisa sembuh kalau gak oprasi. Karna saya takut saya pun cari cari info lain dan ketemu lah dengan dokter Yusuf...
    Awal menghubungi beliau rasanya kok seperti nya beliau judes ya... tapi ya saya akhirnya setelah saya lama br hubungan dengan beliau tr nyata dokter Yusuf asli nya suka guyonan.
    Saya berobat dengan beliau selama 4 bulan rutin dan akhirnya sembuh total tanpa harus oprasi.
    Dokter Yusuf orang nya gak ganteng tapi sangat prihatian dan suka guyonan asli enak banget berobat dengan dokter Yusuf walaupun jauh dengan saya beliau mau merespon WA saya...
    Intinya saya sangat suka dengan beliau, karna obatnya dan guyonan beliau saya sembuh... dokter Yusuf is the best lah...

    BalasHapus
  4. Anak saya juga bulan 12 2020 kemaren kena fistula juga. Datang ke puskesmas di kasih obat gak mempan terus di rujuk ke rumah sakit citra Husada dan di periksa trnya kata dokter anak saya kena fistula ani dan harus oprasi.
    Setelah di jelaskan mengenai oprasi nya bagaimana dan perawatan nya bagaimana saya juga takut dengar nya.
    Kasihan anak saya kalau harus oprasi, apa lagi kata dokter nya gak bisa jamin 1x oprasi bisa sembuh.
    Jadi anak saya pun takut dan gak mau operasi.
    Nah saya pun di kasih resep obats dokter bedah obat anak saya.

    Setelah di kasih resep obat saya pergi lah ke apotek Indra Farma yang di depan terminal itu.
    Nah di situ ketemu teman cerita lah saya di situ.
    Lagi asik cerita eh ada dokter yang lagi duduk di situ dengar pembicaraan saya dengan teman saya, lalu beliau pun tanya ke saya tentang anak saya, beliu pun menjelaskan masalah penyakit anak saya. Katanya memang fistula selama ini jalan kesembuhan nya hanya dengan oprasi saja tapi bukan br arti fistula ani gak bisa sembuh tanpa harus oprasi.
    Kata beliau kalau fistula belum begitu parah dan bisa jaga makanan nya beliau jamin bisa sembuh tanpa harus oprasi dan di jamin bisa makan bebas lagi.
    Nah beliau minta resep obat yang dari rumah sakit itu.
    Waktu di lihat beliu bilang kalau resep nya ini belum lengkap.
    Lalu beliau menawarkan resep obat yang lebih bagus lagi,tapi lebih mahal.
    Saya bilang gak apa apa dok, yang penting anak saya jangan sampai oprasi.
    Nah singkat nya setelah 2 bulan minum obat resep dari beliau itu anak saya pun sembuh.
    Sekarang bisa makan cabe ,mie, kepiting,dll.kata anak gak sakit lagi yah.
    Nah begitu lah kisah anak saya itu bisa sembuh dari fistula tanpa operasi.

    Dokter tr sebut jarang ada di tempat/apotek itu waktu saya tebus obat ke 2,3 kali nya.
    Akhirnya saya minta nomor Hp dokter tersebut ke apoteker ny.
    Nah di resep obat ke 4 saya minta ketemu dengan beliau di apotek, karena saya wa beliau.
    Setelah habis obat ke 4 beliau bilang mau ke rumah saya mau cek kondisi fistula anak saya.
    Setelah di cek beliau bilang ini sudah bisa makan pedas, kepiting dll...
    Bisa di coba pelan pelan.
    Nah buat temen-teman yang mau sembuh juga coba datang ke apotek Indra Farma.
    Dokter nya jarang ada di tempat.
    Tapi apotekernya ada selalu di situ.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu apotek nya Dr Muhammad Yusuf

      Hapus
    2. Saya ingin brobat dengan dokter Yusuf tapi nomor nya kok gak aktif lagi?
      Apa dokter Yusuf sudah ganti nomor ya?

      Hapus
    3. Nomor kontak person saya untuk pengobatan online 085361675232 yang selama ini saya pakai sudah tidak aktif lagi.
      Untuk saat ini saya memakai nomor kontak baru ( 081348813793 )
      Bagi yang ingin melihat blog saya bisa klik di profil saya.
      Terima kasih 🙏

      Hapus
    4. Alhamdulillah...
      Terima kasih dokter Yusuf.
      Saya sudah hubungi dokter gak aktif nomorny
      Alhamdulillah dokter Yusuf beri nomor kontakny langsung.

      Hapus